Senin, 25 Mei 2009

Anda Bosan....? Lakukan Perubahan !



''Barang siapa tidak mau mengadakan perubahan dia akan mati''
Inilah sebuah ungkapan yang menyatakan pentingnya sebuah perubahan. Dari masa ke masa perubahan telah terbukti mampu membawa manusia kepada hidup yang lebih baik. Barang siapa yang menolak perubahan secara individu maupun kelompok ia akan tenggelam, karena tergilas oleh perubahan itu sendiri.

Kapanpun dan dimanapun, perubahan merupakan sesuatu yang di tunggu-tunggu oleh setiap orang. Dan juga selalu menarik perhatian siapapun. Perubahan bisa berupa munculnya sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada. Bisa juga suatu produk yang sudah pernah ada, namun di tampilkan kembali setelah diadakan perubahan yang lebih sempurna. Orang lebih tertarik kepada sesuatu yang baru. Baju baru, rumah baru, mobil baru, teman baru, berita baru, dan lain-lain yang serba baru.

Kenyataan bahwa manusia menyukai hal-hal yang baru, maka semua komponen hidup harus selalu ada perubahan. Sebagai contoh apa yang telah di lakukan oleh P.T Suzuki Motor untuk memacu perubahan demi perubahan ia bermotto ''Inovasi Tiada Henti''. Motto ini bisa bermakna, selalu adanya perubahan, kedinamisan, dan pembaharuan yang terus-menerus dalam berkarya. Sehingga kita bisa membandingkan bagaiman model kendaraan yang keluar pertama dengan keluaran terbaru. Pasti akan tampak sekali perubahannya, dan orang dapat di pastikan akan memilih model terbaru.

Tanpa perubahan, perusahaan bisa berhenti mennghsilkan karya baru. Produknya menadi usang. Karyawannya mengalami kejenuhan. Akhirnya perusahaan bisa mengalami kebangkrutan. Begitu pula halnya dalam instansi-instansi, kelompok masyarakat, keluarga, bahkan individu. Maka perubahan itu harus di lakukan oleh siapapun.

Kita harus bersyukur karena di ciptakan Tuhan sebagai manusia. Dengan panca indra, akal dan pikiran manusia menjadi makhluk yang paling dinamis dalam mengadakan perubahan. Coba kita bandingkan dengan makhluk selain manusia, misalnya tumbuhan atau hewan. Dari dulu sampai sekarang cara hidupnya bisa dikatakan tidak ada perubahan. Seekor burung yang sejenis, kapanpun dan dimanapun akan makan dengan cara yang sama, membuat sarang sebagai rumahnya sama pula bentuknya. Begitu hewan-hewan yang lain dan tumbuhan, tidak ada perubahan yang menyolok.

Sedangkan manusia, lain zaman lain pula gayanya, lain tempat lain adat, kebiasaan, bahasa, makanan, bentuk rumah dan sebagainya. Entah berapa banyaknya variasi kehidupan yang telah di hasilkan oleh manusia dari berbagai zaman dan tempat. Perubahannya meliputi seluruh sektor kehidupan.

Begitulah kita manusia, harus terus berubah mengikuti dinamika kehidupan. Kita sekarang hidup di zaman modern, maka suka ataupun tidak suka kita akan terbawa dan memang harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman itu. Jika tidak mengikuti maka akan tertinggal oleh pesatnya kemajuan zaman.

Kenyataan yang ada, tidak semua orang berani mengadakan perubahan. Karena khawatir dengan resiko kegagalan. Sehingga membiarkan dirinya berlama-lama terbelenggu oleh tradisi yang sudah ada. Perubahan perlu keberanian dan tekad. Namun bukan berarti asal tekad tapi perlu dengan perhitungan yang benar. Oleh sebab itu kita perlu mengevaluasi diri, sudahkah kita berani melakukan perubahaan itu. Atau setidaknya punya keinginan, atau rencana perubahan itu.

Sudahkah kita memiliki rencana perubahan itu. Ingatlah bahwa untuk merubah diri kita maka kita sendirilah yang harus melakukannya..




Software Pemasang Iklan Baris Massal=

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar